Senin, 02 Februari 2009

Perihal Malaikat

~)Pengertian Malaikat :
Kata"MALAIKAT" di pinjam dari bahasa ibrani. Dalam bahasa arab'a MALAK adalah ALK atau aluka yg b'arti risalah atau pembawa amanat. Dalam Ensiklopedi Islam (1992) malaikat memang dari bhs arab asli.
Malaikat adalah hamba Allah yg mulia yg diberi tugas oleh Allah untk menyelesaikan atau mengurus segala urusan. Dan sbg penghubung antara Allah N' para Rasul'a.
Seorg Malaikat diciptakan oleh Allah dr CAHAYA. Jumlah dr malaikat tdk pasti.
Hal penting dr Malaikat :
~Yg dilakukan malaikat :
*Menyembah Tuhan N' cinta pd org2 yg selalu mengingat Allah.
*Memuliakan org2 yg menuntut ilmu.
*Selalu menjaga manusia.
*Mengawasi N' mencatat perbuatan manusia.
~)Tanda2 orang2 b'iman kepada malaikat:
*Taat kepada Allah N' rosul'a.
~Iman kpd malaikat2 b'arti percaya bahwa malaikat merupakan hamba Allah yg mulia.
*Tidak mempersekutukan Allah
~Semua pergerakan yg terjadi di langit dan di bumi diatur oleh para malaikat atas perintah Allah(yg dilaksanakan oleh para malaikat)
*Memetuhi ajaran2 yg di sampaikan Al-Qur'an.
~Al-Qur'an merupakan wahyu sekaligus kitab Allah terakhir.
*Melaksanakan segala tuntutan syari'at islam.
~Syari'at islam merupakan risalah yg diturunkan oleh Allah(melalui jibril) kepada Muhammad saw. sbg rahmat seluruh alam.
~)Kedudukan malaikat
*Para malaikat tidaklah sama, baik berkenaan dengan bentuk penciptaannya maupun kedudukannya. Sebagaian malaikat ada yang bersayap dua dan sebagian lagi ada yang bersayap tiga. Jibril sendiri mempunyai 600 sayap. Dihadapan Allah, mereka juga mempunyai kedudukan yang berbeda-beda.
*Tidak seorangpun diantara kami (malaikat) melainkan baginya kedudukan tertentu (Ash-Shafat: 164)
Berkenaan dengan Jibril, Allah berfirman :
Sesungguhnya (Alquran) itu adalah firman Allah (yang dibawa) utusan yang mulia, yang mempunyai kekuatan disisi yang mempunyai Arasy yang tinggi derajat (At-Takwir: 19-20)
Maksudnya Jibril ini mempunyai kedudukan yang tinggi dan mulia disisi Allah.
*Para malaikat yang paling utama adalah yang hadir dalam perang Badar. Dalam Shahih Bukhari disebutkan riwayat dari Rafa’ah bin Rafi’ bahwa Jibril datang menemui Nabid an bertanya,
“Apa pandanganmu terhadap orang-orang yang turut serta dalam perang Badar?” Beliau menjawab , ‘orang-orang terbaik dari kami’. Jibril kemudian berkata: ‘Demikian pula, menurutku, para malaikat yang ikut hadir dalam perang Badar adalah para malaikat pilihan.’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar